Banyak cara
untuk menentukan akar kuadrat dari suatu bilangan. Dari banyak cara ini, kita
perlu memilih mana yang paling tepat dan sesuai bagi kita atau anak-anak kita.
Kami di APIQ
terus mengadakan riset bagaimana cara yang paling asyik untuk menghitung akar
kuadrat. Kami, APIQ, berbahagia karena telah menemukan cara menghitung akar
kuadrat dengan permainan. Anak-anak usia dini, usia 4 atau 5 tahun, dapat
memainkan permainan APIQ ini dengan bonus dapat menghitung akar kuadrat.
Mari kita
coba pelajari berbagai macam cara menghitung akar kuadrat.
1. Cara
coba-coba. Ini adalah cara paling umum untuk menyelesaikan hitungan akar
kuadrat. Cara ini sangat cocok bagi anak-anak, kita, yang telah lancar
menghitung kuadrat atau perkalian.
Misal kita
akan menghitung akar (kuadrat) dari 64.
Maka kita
coba 5×5 = 25 (terlalu kecil).
Coba 9×9 = 81 (terlalu besar).
Coba 7×7 = 49 (terlalu kecil).
Coba 8×8 = 64 (betul).
Coba 9×9 = 81 (terlalu besar).
Coba 7×7 = 49 (terlalu kecil).
Coba 8×8 = 64 (betul).
Jadi kita
peroleh akar 64 adalah 8.
2. Cara
faktorisasi. Cara ini cukup menarik dan taktis. Misal, berpakah akar dari 64?
Maka 64 =
2×32 = 2x2x16 = 4×16
Maka
akar 64 = akar 4 x akar 16
= 2 x 4
= 8 (Selesai).
Maka
akar 64 = akar 4 x akar 16
= 2 x 4
= 8 (Selesai).
Cara faktorisasi
ini sangat berguna sampai pelajaran matematika tingkat tinggi. Ketika duduk di
bangku SMA, kita sering menggunakan cara faktorisasi. Ketika kuliah kalkulus,
kita juga sering menggunakan cara faktorisasi.
Misal,
berapa akar dari 72?
Maka
72 = 9×8 = 9x4x2
Jadi akar 72 = 3x2x akar 2
= 6akar2 = 6√2.
Maka
72 = 9×8 = 9x4x2
Jadi akar 72 = 3x2x akar 2
= 6akar2 = 6√2.
3. Cara
pendekatan. Cara ini adalah variasi dan lanjutan dari cara coba-coba. Setelah
berlatih beberapa kali, kita akan sangat mahir dengan cara ini. Cara pendekatan
ini sangat dahsyat untuk menghitung akar yang nilainya cukup besar.
Misal,
berapakah akar dari 1681?
Pendekatan
paling masuk akal adalah 40×40 = 1600.
Karena
satuan dari 1681 adalah 1 maka satuan dari akarnya tentu 1 atau 9. Dalam hal
ini kita memilh 1. (Mengapa?).
Jadi kita
peroleh jawaban 40+1 = 41
Misal,
berapakah akar dari 3364?
Pendekatan
paling masuk akal adalah 50×50 = 2500.
(sedangkan 60×60 = 3600, terlalu besar).
(sedangkan 60×60 = 3600, terlalu besar).
Karena
satuan dari 3364 adalah 4 maka satuan dari akarnya adalah 2 atau 8. Dalam hal
ini kita memilih 8. (Mengapa?)
Jadi kita
peroleh jawaban 50+8 = 58.
4. Dan
lain-lain. Tentu masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghitung
akar kuadrat. Teruslah berkreasi. Temukan cara yang paling sesuai untuk anak
Anda.
Bagi
siswa-siswa APIQ, materi menarik akar kuadrat termasuk materi yang sangat
disukai. Menarik akar tampak seperti sulit. Tetapi begitu paham caranya
ternyata sangat mudah. Apa lagi bila belajarnya sambil bermain. APIQ juga
mengembangkan cara menarik akar pangkat 3 (akar kubik) yang asyik.
Bagaimana
menurut Anda?
No comments:
Post a Comment