ILMU TANPA AMAL BAGAI POHON TAK BERBUAH.

ILMU TANPA AMAL BAGAI POHON TAK BERBUAH, KUPERSEMBAHKAN APA YANG KUMILIKI MESKI HANYA SEBUTIR DEBU, AGAR HIDUPKU BERARTI KARENA BERMANFAAT BAGIMU.

Friday 30 November 2012

MATEMATIKA CEPAT



MENGALIKAN BILANGAN-BILANGAN SAMPAI DENGAN 10
( Bagian 1 )

Kita akan mulai dengan belajar bagaimana mengalikan bilangan sampai dengan 10 x 10.
Berikut ini adalah caranya.
Kita ambil contoh 7 x 8
Tulislah 7 x 8 = pada selembar kertas dan gambarlah sebuah lingkaran atau kotak di bawah setiap bilangan yang dikalikan.

           7  x  8  = 

          .....   ..... 


Sekarang lihatlah bilangan perkalian pertama , yaitu 7. Berapa bilangan yang bila ditambah 7 menghasilkan 10 ? Jawabnya adalah 3. Tulislah 3 pada titik-titik yang ada di bawah 7. Sekarang lihatlah bilangan perkalian kedua, 8. Bilangan berapa yang bila ditambah 8 menghasilkan 10 ? Jawabnya adalah 2. Tulis 2 pada titik-titik yang ada di bawah 8.
Pekerjaanmu akan terlihat seperti berikut ini:

            7  x  8  =

          ..3..   ..2..

Sekarang kurangkanlah secara diagonal. Ambilah salah satu bilangan ( 3 atau 2) untuk mengurangi bilangan yang ada di atasnya secara diagonal atau menyilang. Dengan kata lain,kamu bisa memilih untuk mengurangi 8 dengan 3 atau 7 dengan 2. Kamu hanya perlu mengurangi satu kali,jadi pilihlah pengurangan yang menurutmu mudah. Pengurangan manapun yang kamu pilih,jawabannya sama yaitu 5. Jadi 5 merupakan angka pertama jawabanmu.

            8  -  3  = 5 atau 7  -  2  = 5

Sekarang kalikan kedua bilangan yang ada di bawah 7 dan 8.Maka 3  x  2 = 6. Ini merupakan angka terakhir jawabanmu. Jadi jawabannya adalah 56. Bentuk lengkap penyelesaiannya akan terlihat seperti berikut ini:
            7  x  8  = 56

          ..3..   ..2..

Sekarang cobalah dengan cara diatas perkalian di bawah ini:

            8  x  9  = ....?

            .....   .....  


SELAMAT MENCOBA....,SEMOGA BERHASIL.



















































1 comment:

  1. Mascot Mascot Ring Necklace - TitaniumArts.com
    In a vintage harbor freight titanium welder earrings case, these three pieces come in titanium nitride coating at ion chrome vs titanium an titanium earrings for sensitive ears unbelievable rate. Made with genuine titanium. Rating: 5 · where is titanium found ‎5 reviews

    ReplyDelete