ILMU TANPA AMAL BAGAI POHON TAK BERBUAH.

ILMU TANPA AMAL BAGAI POHON TAK BERBUAH, KUPERSEMBAHKAN APA YANG KUMILIKI MESKI HANYA SEBUTIR DEBU, AGAR HIDUPKU BERARTI KARENA BERMANFAAT BAGIMU.

Thursday 22 November 2012

JANGAN TAKUT DENGAN MATEMATIKA

Pelajaran yang satu ini tak perlu ditakuti atau dibenci.Mengingat pelajaran ini sangat terkait dengan kehidupan sehari-hari,begitu bermanfaat. Bahkan perlu diketahui, kemampuan matematika merupakan kunci semua pelajaran sains seperti fisika, ekonomi, akutansi hingga kimia. Wah kalau begitu,jangan berlari dari matematika dong. Untuk itu sangat dibutuhkan kesabaran dan keuletan untuk mempelajari matematika. Adapun beberapa upaya dapat kita lakukan dengan :


 Luruskan Niat.
Belajar matematika, jangan hanya untuk mengejar target nilai yang baik.Jika tujuannya seperti itu maka bila sudah tercapai,matematika akan ditinggalkan kembali. Niatkan belajar matematika untuk menambah ilmu dan berorentasilah pada proses belajar. Karena belajar matematika, daya nalar otak kita akan terasah dan mudah menerima pelajaran lain.

Cintai keindahan matematika
Jatuh cinta akan terwujud jika kita mengenal apa itu matematika, apa fungsi matematika bagi kehidupan sehari hari. Sekarang hapuslah apa yang ada dalam pikiran yang mengatakan “matematika itu sulit”. Buang jauh-jauh kalimat itu karena akan selalu menghantui,mensugesti pikiran kita.Jika baru bertemu dengan matematika,kemudian lari terbirit-birit,menghindar karena merasa sulit,maka tak akan pernah bisa mengenal matematika.Biar mengenal ya mau tidak mau harus mendekati,”berbincang-bincang dengan matematika”...nanti lama kelamaan akan menemukan keindahan matematika.Maka tanamkan dalam pikiran kita bahwa matematika itu sesuatu yang mudah,berguna, indah, menarik dan sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita telah mencintainya, Semua rumus yang kelihatannya rumit tiba tiba akan menjadi mudah untuk dipelajari.

Latihan dan Belajar
Dua Hal diatas tak akan berguna jika pada akhirnya kita tak mau belajar dengan baik dan benar. Belajarlah dengan rutin,lakukanlah dengan benar. Belajar matematika jangan hanya dibaca saja,tapi lanjutkan dengan banyak latihan mengerjakan soal-soal. Rasa malas dan bosan kadang menjadi penghalang. Makanya disini kita butuh disiplin dan tekun.Tak perlu meluangkan terlalu banyak untuk belajar dalam sehari, cukup sedikit waktu namun kontinyu dan konsisten. Matematika adalah ilmu hitung, tentu akan semakin baik belajar ilmu hitung dengan berlatih menghitung dengan rajin.

Semua Bisa
Putus asa adalah penyakit. Saat belajar matematika, hindari kata putus asa, Jika ada soal yang kamu anggap sulit, segera minta bantuan ke guru matematika atau ke teman yang paham. Katakanlah "Aku Pasti Bisa"!! Berilah semangat motivasi untuk diri sendiri, karena setiap permasalahan pasti ada pemecahannya..

Berdoa
Sudah seharusnya  kita panjatkan do’a kepada tuhan,agar senantiasa memberikan rahmat ilmu pengetahuan-NYA, memberi kemudahan bagi kita dalam belajar menuntut ilmu,dan kemudahan untuk memecahkan setiap persoalan yang terdapat di materi yang kita pelajari. Segalanya datang dari Tuhan,termsuk ilmu pengetahuan. Maka berdo’alah dengan sungguh-sungguh kepada-NYA. Jadi do’a termasuk hal yang sangat penting. SEMOGA SUKSES....

No comments:

Post a Comment